{Maaf Om Lagi Loading Sabar Ya...} Dunia Ilmu: Strategis SEODunia Ilmu

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

MASIH TIDAK PERCAYA DENGAN BISNIS YANG SATU INI

Strategis SEO

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum mulai merancang website, agar setelah selesai website kita dapat dengan mudah dikenali dan di-index oleh mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Pengertian ini sangat penting untuk menghindari kekecewaan di belakang hari. Banyak orang yang membayar perancang website untuk menciptakan website yang cantik jelita tetapi ternyata gagal secara komersial, hanya gara-gara sang perancang hanya memperhatikan keindahan visual, tetapi tidak memahami “selera” mesin pencari.

  Masing-masing mesin pencari memberikan bobot yang berbeda terhadap masing-masing elemen halaman website. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ranking di mesin pencari (untuk kata kunci yang ditargetkan) sangat tergantung pada sejauh mana website memenuhi kriteria mesin pencari. Dengan distribusi bobot yang berebda-beda, elemen-elemen berikut merupakan elemen yang penting bagi semua mesin pencari: teks (termasuk kandungan kata kunci di dalamnya), tag (baik itu tag HTML maupun isi dari Meta-Tag), link di dalam website, dan popularitas (link dari website lain).

  Teks
  Teks merupakan elemen yang paling penting dari sebuah website, khususnya keberadaan kata kunci di dalam teks tersebut, menyangkut lokasi penempatan dan frekuensi penempatannya. Pentingnya kata kunci dalam teks ini telah menjadikan pemasaran berbasis kata kunci menjadi sebuah industri yang melibatkan uang dalam jumlah sangat besar. Kata kunci dan penenpatannya di dalam teks inilah yang memberikan perbedaan pada website, ketika website di-index oleh mesin pencari dan kemudian dimasukan ke dalam daftar hasil pencarian pada saat pengunjung mesin pencari melakukan pencarian.
  Kata kunci harus cocok dengan kata dan frasa yang sekiranya akan dipakai calon pengunjung ketika melalukan pencarian melalui mesin pencari. Untuk memastikan efektivitas kata kunci yang kita pilih untuk dijadikan target, diperlukan analisa yang mendalam mengenai perilaku pasar dari produk yang ditawarkan oleh website kita. Biasanya diperlukan riset untuk mengidentifikasi kata kunci yang akan ditargetkan, dan dilakukan pengujian untuk memastikan efektivitasnya sebelum benar-benar dipergunakan.
  Jika kita memilih kata kunci yang salah untuk ditargetkan, maka akan sia-sialan semua kerja keras SEO kita, karena bahkan setelah kita berhasil mendapatkan ranking yang bagus untuk kata kunci yang kita targetkan, keberhasilan ini tidak menghasilkan kunjungan. Kenapa? Karena target pasar kita melakukan pencarian melalui mesin pencari dengan kata kunci yang berbeda dari yang kita targetkan, dimana - tentu saja - website kita tidak akan muncul.

  Tag
  Ada dua jenis Tag yang penting diperhatikan dalam SEO, Meta Tag dan HTML Tag. Secara teknis Meta Tag sebetulnya adalah HTML Tag juga, hanya memiliki penempatan khusus. Yang paling penting dari Meta Tag adalah Tag Keywords dan Tag Description.
  Tag Keywords adalah tempat dimana kita menyatakan kepada mesin pencari, untuk kata kunci apa sajakah halaman website kita relevan, dan karena itu harus ditampilkan dalam daftar hasil pencarian. Bentukan dari Tag Keywords adalah sbb:
  <meta name=”keywords” content=”SEO, search engine optimization, online marketing, Google pagrank”>
  Tag Description adalah tempat untuk menyatakan uraian secara singkat mengenai isi dari suatu halaman web. Bentukannya adalah sbb:
  <meta name=”description” content=”Panduan mengenai search engine optimization agar website kita mendapatkan ranking yang baik di Google dan mesin pencari lainnya.”>
  Tidak semua mesin pencari menggunakan Meta tags sebagai kriteria penentuan ranking. Karena itu selain Meta tag website juga harus memanfaatkan HTML Tag lainnya. Beberapa HTML Tag lain yang penting dan karena itu harus dipergunakan adalah Title tag, Top Heading tag <H1>, dan Anchor tag.
  Title tag dipergunakan untuk memberikan judul halaman web. Bentukannya adalah sbb:
  <title>Judul Halaman Web</title>
  Setelah Title tag dipasang pada halaman web, judul tersebut akan ditampilkan pada baris paling atas pada jendela mesin pencari (pojok kiri atas, di luar isi jendela). Pada browser generasi baru yang memiliki fasilitas Tab, judul ini juga akan muncul pada Tab.
  Heading tag juga merupakan aspek penting yang dianalisa mesin pencari. Heading tag terdiri dari 7 tingkatan dari <H1> sampai <H7> dimana <H1> adalah yang paling tinggi dan paling penting. Kata kunci utama yang kita targetkan harus muncul pada <H1>. Bentukannya adalah sbb:
  <H1>Heading Tingkat Tertinggi</H1>
  Anchor tag adalah tulisan yang jika di-click akan membawa pengunjung ke halaman web lainnya (baik itu di dalam website kita sendiri maupun pada website lain). Bentukannya adalah sbb:
  <a href=”http://www.website-tujuan.com/”>Teks Link</a>
  “Teks Link” pada contoh di atas merupakan elemen yang sangat penting. Anda mungkin pernah melihat pada suatu website, tulisan yang bergaris bawah, yang jika di-click akan membawa anda pada halaman web lain yang isinya relevan dengan tulusan yang anda click tersebut. Itu adalah contoh penggunaan Anchor tag yang tepat. Itulah yang dicari mesin pencari saat crawlernya menganalisa suatu website.

  Link
  Dalam konteks SEO, link pada halaman website harus relevan dengan isi halaman secara keseluruhan, dan harus terhubung ke website atau halaman yang befungsi. Link yang terhubung ke website atau halaman website yang tidak bekerja (misalnya karena URL nya salah, website yang dituju down, dll.) akan berakibat buruk pada pencapaian posisi di mesin pencari. Link merupakan faktor penentu yang dari dulu sampai sekarang masih tetap penting. Banyaknya upaya pengelabuan yang dilakukan oleh para webmaster dan pemilik website tidak membuat elemen ini ditinggalkan tetapi justru makin disempurnakan.
  Salah satu cara yang dipakai untuk mengelabui mesin pencari dengan memanfaatkan elemen ini disebut Link Farms, yaitu website atau halaman website yang dipenuhi oleh link, dengan tujuan agar website atau halaman web tersebut mendapatkan posisi yang tinggi pada mesin pencari. Saat ini mesin pencari sudah memiliki mekanisme yang cukup canggih untuk mengeliminasi hal ini. Link Farms bukan hanya tidak lagi bermanfaat, tetapi penggunanya akan mendapat pengurangan nilai atau bahkan sama sekali dikeluarkan dari mesin pencari.

  Popularitas
  Banyak mesin pencari memasukan kriteria ini ke dalam formula penentuan rankingnya. Popularitas adalah banyaknya pengunjung yang datang ke suatu website melalui hasil pencarian pada mesin pencari. Semakin sering anda pengunjung datang dengan meng-click pada mesin pencari, semakin tinggi ranking website kita.
  Ini merupakan faktor yang sulit, seperti menentukan mana yang lebih dulu hadir di dunia ini, antara telur dan ayam. Bagaimana anda bisa mendapatkan popularitas yang tinggi jika anda belum memiliki ranking yang tinggi. Sementara website yang telah memiliki ranking yang tinggi justru akan semakin kuat posisinya karena popularitasnya yang tinggi.
  Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk menyiasatinya. Kapan-kapan akan saya coba bahas lebih detail satu per satu. Yang paling mudah jika anda memiliki dana cukup adalah dengan Pay Per Click seperti Google Adwords. Anda juga dapet memanfaatkan jaringan sosial, direktori online, iklan, newsletter, dll.

  Hal Lain
  Ada beberapa hal lain yang juga perlu mendapat perhatian dan penjadi bagian dalam strategi SEO kita. Misalnya teks isi website akan dibaca dan dianalisa oleh mesin pencari dan karena itu harus memuat kata kunci dalam jumlah dan komposisi yang tepat. Cukup banyak untuk menarik crawler mesin pencari, tetapi tidak terlalu banyak sehingga tidak dianggap sebagai upaya pengelabuan yang dikenal dengan Keyword Stuffing, yang dapat berakibat dikeluarkannya website kita oleh mesin pencari.
  Tag alternatif (Alt Tag) pada komponen gambar dan link juga dapat membatu kita. Alt Tag pada gambar dipergunakan untuk menampilkan keterangan mengenai gambar yang kita pasang pada halaman web. Teks ini tidak akan muncul secara visual kecuali jika browser yang dipakai pengunjung tidak dapat menampilkan elemen gambar. Alt Tag pada link dipergunakan untuk memberikan penjelasan lebih dari sekedar apa yang tertulis sebagai Anchor Text. Pada browser yang mendukung fasilitas ini, pengunjung akan dapat membaca tulisan ini dengan menempatkan mouse pada Anchor Text (mouse over).

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Suatu Nilai Yang Tak Ternilai Harganya Dan Mengucapkan Thanks Banget Atas Komentar Anda

Saya sudah Cek kebenaran situs ini Via pencarian Google Tidak satupun yang mengatakan Bahwa Bisnis ini SCAM (menipu). Anda boleh Menjadi member Free alias Gratis, coba dulu baru Anda tahu. Kalo memakai link atau URL saya, saya bantu cara mencari member.